Pedagang atau Pengusaha?


Pedagang atau Pengusaha?

          Kali ini, saya akan membahas kembali  topik kewirausahaan lebih tepatnya perbedaan pedagang dan pengusaha. Jika diamati keduanya memang sama-sama memiliki orientasi untuk berjualan. Akan tetapi, pedagang dan pengusaha adalah dua hal yang berbeda. Perbedaannya terletak pada strategi yang digunakan. Seorang pedagang kebanyakan memiliki mindset harus bisa menjual barang dagangannya setiap harinya tetapi tidak peduli berapa jumlahnya. Sedangkan pengusaha memiliki mindset  untuk menjual barang dagangannya sesuai target yang diinginkan secara bertahap. Misalnya, pada hari pertama menjual 10 buah, maka pada hari kedua harus bisa menjual 15-20 buah dan begitu seterusnya. Seorang pengusaha memiliki pemikiran yang jauh ke depan. Ia akan memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh dalam berwirausaha. Karena tantangan seorang pengusaha yaitu ada di tahun pertama. Tahun pertama merupakan tahap perintisan di mana ia merintis sebuah bisnis baru. Biasanya, pada tahun pertama ini, seorag pebisnis ingin membeli barang sebanyak-banyaknya untuk melengkapi aksesoris toko, furniture, dekorasi serta pelayanan yang maksimal. Sering juga dijumpai, pada tahun pertama seorang pebisnis merekrut banyak karyawan sehingga apabila bisnisnya sedang tidak laku ia kebingungan membayar gaji karyawan. Banyak juga pebisnis pemula yang gulung tikar karena bergonta-ganti produk atau barang dagangan. Bayangkan saja, modal belum balik tetapi sudah gulung tikar.
            Pebisnis yang sukses ia akan menekuni bisnisnya di tahun pertama. Kemudian meningkatkan sedikit demi sedikit pelayanan serta fasilitas tempat penjualan. Marketing revolution dibutuhkan dalam berbisnis. Apa yang dimaksud marketing revolution? Jadi, marketing revolution adalah sebuah strategi pemasaran yang biasanya digunakan para pengusaha sukses untuk mempertahankan bisnisnya. Contoh aplikasi dari marketing revolution di antaranya, strategi penjualan buy one get one, diskon 30%, dan lain sebagainya. Tanpa kita sadari, strategi tersebut sering kita jumpai. Terbukti bahwa kita pun akan berminat untuk segera membeli barang yang menerapkan marketing revolution. Padahal, apabila kita telisik lebih jauh, harga barang setelah dikenai diskon merupakan harga asli barang yang dijual.
So, mau jadi pedagang atau pengusaha?
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Alpukat Pemikat Hati

Kesuksesan