Pedagang atau Pengusaha?
Pedagang atau Pengusaha?
Kali ini, saya
akan membahas kembali topik
kewirausahaan lebih tepatnya perbedaan pedagang dan pengusaha. Jika diamati
keduanya memang sama-sama memiliki orientasi untuk berjualan. Akan tetapi,
pedagang dan pengusaha adalah dua hal yang berbeda. Perbedaannya terletak pada
strategi yang digunakan. Seorang pedagang kebanyakan memiliki mindset harus
bisa menjual barang dagangannya setiap harinya tetapi tidak peduli berapa
jumlahnya. Sedangkan pengusaha memiliki mindset untuk menjual barang dagangannya sesuai
target yang diinginkan secara bertahap. Misalnya, pada hari pertama menjual 10
buah, maka pada hari kedua harus bisa menjual 15-20 buah dan begitu seterusnya.
Seorang pengusaha memiliki pemikiran yang jauh ke depan. Ia akan memiliki jiwa
kepemimpinan yang tangguh dalam berwirausaha. Karena tantangan seorang
pengusaha yaitu ada di tahun pertama. Tahun pertama merupakan tahap perintisan
di mana ia merintis sebuah bisnis baru. Biasanya, pada tahun pertama ini,
seorag pebisnis ingin membeli barang sebanyak-banyaknya untuk melengkapi aksesoris
toko, furniture, dekorasi serta pelayanan yang maksimal. Sering juga dijumpai,
pada tahun pertama seorang pebisnis merekrut banyak karyawan sehingga apabila
bisnisnya sedang tidak laku ia kebingungan membayar gaji karyawan. Banyak juga
pebisnis pemula yang gulung tikar karena bergonta-ganti produk atau barang
dagangan. Bayangkan saja, modal belum balik tetapi sudah gulung tikar.
Pebisnis yang
sukses ia akan menekuni bisnisnya di tahun pertama. Kemudian meningkatkan
sedikit demi sedikit pelayanan serta fasilitas tempat penjualan. Marketing
revolution dibutuhkan dalam berbisnis. Apa yang dimaksud marketing
revolution? Jadi, marketing revolution adalah sebuah strategi
pemasaran yang biasanya digunakan para pengusaha sukses untuk mempertahankan
bisnisnya. Contoh aplikasi dari marketing revolution di antaranya,
strategi penjualan buy one get one, diskon 30%, dan lain sebagainya.
Tanpa kita sadari, strategi tersebut sering kita jumpai. Terbukti bahwa kita
pun akan berminat untuk segera membeli barang yang menerapkan marketing
revolution. Padahal, apabila kita telisik lebih jauh, harga barang setelah
dikenai diskon merupakan harga asli barang yang dijual.
So, mau jadi pedagang atau pengusaha?
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6
Comments