Tlacap Bercahaya

Cilacap~

Kalo pertama denger pasti ngira Cilacap itu masuk Jawa Barat,  eittss   salah guys, Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kata Cilacap berasal dari "Tlacap" yang artinya tanah lancip (landtong). Kabupaten Cilacap terdiri dari 24 kecamatan, 269 desa, dan  15 kelurahan. Uniknya, ada dua bahasa daerah yang dipakai di Cilacap yaitu ngapak dan sunda. Apa itu bahasa ngapak? Ngapak termasuk logat khas daerah banyumasan dan sekitarnya, penekanan pada huruf 'a'  yang terlalu dalam membuat lucu bagi orang luar daerah ini tentunya. Ngapak_ngapak deh

Ada apa aja sih di Cilacap (?)

Cilacap terkenal dengan pulau Nusakambangan nya loh guys, pulau para Napi, terutama buat hukuman mati, omaigat!

Eitts, tapi jangan takut. Dibalik itu banyak loh space yang bikin kalian interest :

Widarapayung Beach
1. Pantai Widarapayung
    Lokasinya di  Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasinya sekitar 35 km ke arah timur dari Cilacap. 


2. Pantai Teluk Penyu
Teluk Penyu
Teluk Penyu Beach

    Lokasinya di kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota Kabupaten Cilacap.

Benteng Pendem
3. Benteng Pendem
    Benteng peninggalan Belanda ini ternyata nggak jauh jauh dari pesisir pantai Teluk Penyu guys. Katanya nih ada terowongan di dalamnya buat tembus ke Pulau Nusakambangan, tapi nggak tau juga sih, soalnya belum pernah nyoba hehe..


4. Gunung Srandil
    Gunung srandil merupakan salah satu bukit di Glempangpasir Kecamatan Adipala jaraknya dari Kota Cilacap sekitar 30 Km kearah timurlaut.

Kampung Laut
5. Pantai Jetis
  
    Pantai Jetis berada di desa Jetis , Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, tepatnya ujung timur wilayah Cilacap yang merupakan perbatasan antara kabupaten cilacap dengan kebumen.

6. Kampung Laut
      Ya, seperti namanya, ini merupakan sebuah perkampungan yang berada di segara anakan. Untuk sampai ke Kampung Laut, pastinya harus naik kapal guys, lumayan tapi kalo dinikmati seru, kalo nggak mabok laut sih.

    Masya Allah, begitu indahnya ciptaan Allah.

Back to Cilacap, apa sih makanan khasnya?

     Setelah interview beberapa orang yang singgah ke Cilacap, katanya nih "Mendoan" makanan wajib. Haha itu benar guys sampai bosen makannya, tapi enak loh. Ada lagi nih Peyek Yuthuk. Yuthuk sendiri mirip dengan kepiting bedanya agak coklat kehitaman, but setelah digoreng jadi orange kemerahan warnanya. Apalah itu~

        Nah, yang terakhir ini sebenarnya mirip seperti amplangnya orang Kalimantan, bedanya teksturnya renyah banget, yups Kerupuk Tengiri sebutannya.

       Wow, daritadi promosi mulu ya hehe, apa bener sih? 
Udah deh, mending cek aja langsung ke Cilacap !!!

Comments

Popular posts from this blog

Markisa Nyalakan Lampu

Karya Tulis ( KARTUL )

Membumikan Budaya Literasi